The Best of people are those who BENEFIT people most

Tuesday, May 3, 2016

SOFT SKILL YANG HARUS DIKUASAI DALAM MENUNJANG PEKERJAAN



Biasanya dalam memperkerjakan karyawan, selain keahlian (expertise) dan pengalaman di bidang masing-masing, perusahaan juga melihat soft skill yang dimiliki calon karyawan. Sebab dalam beberapa kasus, ada tipe orang yang memang tidak memiliki kecakapan sosial, kecakapan dalam bersosialisasi, memiliki tata krama yang baik, hingga gaya berpakaian yang pantas. Bahkan ada pula tipe yang tidak tahan terhadap sosialisasi. 

Soft skill meliputi kemampuan komunikasi, kecakapan sosial, cara berbahasa, kemampuan mengelola orang, gaya kepemimpinan, dan bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi. 

Tidak sedikit orang berpendapat bahwa soft skill ini tidak dapat dipelajari dan dikembangkan, karena ia telah menjadi karakter masing-masing orang. Maka tidak jarang sebuah perusahaan mempekerjakan beberapa orang khusus hanya karena punya soft skill yang dianggap cocok dan berguna bagi perusahaan.

Tetapi sebenarnya, soft skill dapat dikembangkan. Hanya saja memang butuh usaha besar, mengharuskan Anda menempatkan diri dalam situasi di mana Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain, mengikuti pelatihan kecerdasan emosional dan mencari mentor. Berikut beberapa soft skill yang dapat dikembangkan, dan cara-cara mengembangkannya:

"Public speaking"

Berbicara di depan umum intinya adalah latihan berulang-ulang. Jika giat berlatih, niscaya Anda akan semakin baik dan terampil. Cobalah merekam dan menonton presentasi Anda sendiri. Melakukan hal ini efektif membantu mengurangi semua kesalahan yang dilakukan ketika berbicara. Kesalahan saat berbicara di depan umum dapat mengurangi pesan yang ingin Anda sampaikan, karena khalayak akan terdistraksi dengan gerakan tangan, atau tubuh Anda yang terlalu banyak bergerak. Terakhir tentu saja kebanyakan penggunaan kata-kata pengisi seperti "um".

Menulis

Ini bukan hanya keterampilan yang harus dikuasai editor buku atau jurnalis. Tetapi hampir semua profesi. Cara paling ampuh untuk menguasai keterampilan ini harus berawal dari tekad kuat dalam diri Anda. Disiplin untuk rutin menulis setiap hari adalah hal pertama yang harus ditanamkan. Pelatihan menulis juga berguna, apalagi kini banyak sekali lembaga bahasa serta komunitas yang menyedikan pelatihan menulis. Hal-hal yang pertama kali harus dipelajari diantaranya adalah belajar menulis secara lebih terstruktur dan ringkas, serta menggunakan kalimat yang lebih menarik saat membuat proposal. Bahkan membuat presentasi yang menarik dengan penggunaan kalimat tepat guna. 

Pemecahan masalah (problem solving)

Seperti kebanyakan soft skill lainnya, untuk bisa menjadi ‘pemecah masalah’ yang baik, Anda harus rajin mencari bimbingan yang konstruktif, untuk bisa menemukan pola pikir yang tepat. Bisa melalui pelatihan atau mencari rekan sekerja yang berpengalaman untuk menjadi mentor. Selain itu, dari diri sendiri, selalu berlatih mencari cara-cara kreatif menghadapi setiap masalah.

Manajemen manusia (people management)

Manajemen berbeda dari kepemimpinan, karena biasanya manajemen membutuhkan hal-hal yang lebih taktis. Manajemen juga termasuk upaya-upaya untuk membuat karyawan Anda lebih baik. Karenanya, manajer perlu untuk melatih diri atau diberikan pelatihan untuk keterampilan yang satu ini. 

Belajar manajemen tidak bisa berhenti di satu titik karena seiring waktu, organisasi, teknologi serta dunia juga berubah. Penting untuk memperhitungkan gaya manajemen alami seorang manajer dan digabung dengan metodologi yang lebih terstruktur untuk membantu mengisi kesenjangan. Hal ini memungkinkan manajer untuk menjadi lebih otentik, yang pada gilirannya akan membantu budaya perusahaan Anda menjadi lebih otentik dan pertumbuhan bisnis menjadi lebih baik.

Menangani tekanan

Kemampuan menangani tekanan juga sering dikaitkan dengan kepercayaan diri. Jika Anda yakin bahwa Anda bisa mengendalikan diri dalam situasi apa pun, maka Anda akan lebih mudah untuk menangani situasi tanpa stres. Semakin sering mengalami situasi kerja dengan tekanan dan tuntutan yang tinggi, semakin terasah kemampuan untuk masalah satu ini. 

Berpikir kreatif

Berpikir kreatif adalah soft skill yang penting bagi setiap pengusaha dan pekerja. Ada sejumlah alat berpikir kritis dan kreatif yang bisa digunakan untuk terus meningkatkan keterampilan ini. Salah satunya adalah bermaingames. Ya, games di console, computer atau telepon pintar Anda. Karena ternyata game efektif mengasah strategi kreatif, bagus untuk meningkatkan pola pikir kreatif Anda di tempat kerja.

Perhatian terhadap detail

Kemampuan dalam memperhatikan hal detail sangat berguna dalam menyelesaikan setiap proyek secara tepat waktu. Oleh karena itu, melibatkan diri dalam latihan yang mengasah skill ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkannya.

Manajemen waktu

Manajemen waktu dapat membantu Anda menjadi lebih efisien. Salah satu pelatihan tentang manajemen waktu yang paling populer saat ini adalah tentang menentukan prioritas dalam mengerjakan tugas-tugas. Selain itu ada ratusan buku dan kursus tentang manajemen waktu. Disarankan, temukan salah satu program yang cocok dengan Anda.

"Engaging" dan Kolaborasi

Di dunia kerja saat ini, dua kemampuan ini dianggap sangat penting. Engaging adalah cara Anda bisa memberi perhatian, masukan, dan dukungan yang tulus terhadap rekan sekerja Anda. Cara terbaik untuk hal ini tentu rajin-rajin berlatih mendengarkan pendapat teman-teman Anda dengan antusiasme yang tulus, serta memperhatikan segala situasi sosial yang terjadi di sekitar Anda. 

Sedangkan kemampuan untuk bekerja sama (kolaborasi) dengan baik meski dalam situasi sulit, dan rekan setim yang dinamis, jelas sangat penting. Cara terbaik untuk bisa mendapat kemampuan ini tentu dengan mengembangkan kemampuan engaging, serta terbuka dan berkomitmen untuk bekerja dengan baik dengan siapa pun.

Jadi, apa yang soft skill yang harus Anda mulai kembangkan saat ini? Buat rencana pengembangan profesional. Mulailah dengan kategori keterampilan yang paling bisa membantu Anda bekerja lebih baik saat ini.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 myblog-syahrullah.blogspot.com. Powered by Blogger.

Positive Thinking

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI Bissmilahirohmaanirrohiim Makkah—juga disebut Bakkah—tempat di mana umat Islam melaksanakan haji itu terbukti...

Followers

Total Pageviews

Labels

Translate

Search This Blog

Pages