The Best of people are those who BENEFIT people most

Thursday, April 28, 2016

LANGKAH - LANGKAH MENJADIKAN HARI ANDA LEBIH PRODUKTIF

LANGKAH - LANGKAH MENJADIKAN HARI ANDA LEBIH PRODUKTIF

Pernahkah Anda menghabiskan satu hari di kantor tanpa melakukan apa pun? Saat sore hari tiba, Anda tersadar kemudian menyesal telah gagal menggunakan hari dengan hal-hal yang lebih produktif, misalnya menyelesaikan tugas, membalas email klien, atau menyelesaikan laporan yang deadlinenya hampir tiba.
Menjadi produktif memang tantangan bagi semua orang, tidak hanya karyawan seperti Anda. Orang produktif bisa mengunakan waktu sebaik-baiknya dengan kegiatan berguna, dan kemampuan ini tak dimiliki semua orang.
Berikut enam langkah menjadikan hari Anda di kantor lebih produktif.

1. Mulai Hari dengan Memanjakan Diri Anda
Hindari kegiatan yang akan mempengaruhi suasana kerja Anda di pagi hari. Daripada memulai hari dengan membuka media sosial atau email, lebih baik Anda memanjakan diri dengan bangun lebih awal, olahraga, dan sarapan dengan keluarga tercinta. Siapkan diri Anda ke kantor dengan santai dan tidak terburu-buru. Semua itu akan membangun mood Anda untuk siap bekerja.

2. Mulai Kerjakan Dari yang Termudah
Tugas menumpuk sebenarnya bukan halangan untuk diselesaikan secara cepat. Yang penting Anda bekerja dengan smart dan punya skala prioritas.
Supaya Anda tidak stuck di satu tugas yang sulit dan membuat hari Anda tidak produktif, baiknya Anda memulai pekerjaan dari yang termudah. Bila tugas yang Anda anggap lebih mudah terselesaikan, maka barulah Andamove-on ke tugas yang lebih sulit.
Jangan membuang waktu dengan pekerjaan yang sulit yang akhirnya membuat Anda menghabiskan hari tanpa menyelesaikan apa-apa.

3. Cobalah Bekerja dengan Sistem Sendiri
Selama ini Anda bekerja berdasarkan kebiasaan yang terbangun sejak lama, bukan dengan aturan yang cocok dengan Anda. Padahal kebiasaan yang selama ini Anda lakukan belum tentu dapat membuat Anda lebih produktif.
Jadi beranikan diri untuk membuat sistem sendiri yang cocok untuk Anda dalam bekerja. Misalnya Anda lebih suka bekerja dengan menggunakan tablet ketimbang komputer, maka lakukan hal itu. Ingat, produktivitas bila meningkat jika Anda merasa nyaman dengan cara Anda bekerja.

4. Stop Mengerjakan Banyak Pekerjaan Sekaligus
Tidak semua orang bisa multi-tasking! Jadi sadari hal itu sebelum Anda terlanjur nekat mengerjakan semua tugas secara sekaligus. Bila kebetulan Anda tidak mampu, maka konsentrasi Anda akan terpecah antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya. Pada akhirnya semua pekerjaan tidak akan ada yang selesai.
Mulailah dengan lebih fokus pada satu pekerjaan dan sesesaikan tugas Anda sebaik mungkin. Ini akan membuat Anda lebih produktif.

5. Istirahat Cukup
Bila stamina tubuh Anda menurun, jangan ragu untuk istirahat sambil melemaskan sendi otot yang kaku. Jangan memaksa tetap bekerja bila Anda merasa lelah. Anda akan lebih produktif bekerja dengan tubuh segar dan tidak lelah.
Pastikan Anda menggunakan waktu istirahat di kantor dengan baik, sebelum akhirnya kembali bekerja. Hindarimakan siang sambil bekerja, atau melewatkan makan siang karena deadline. Anda tidak akan produktif dengan cara itu.

6. Bekerja Sesuai Porsi
Jam kerja yang ditentukan oleh Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah 8 jam setiap hari dalam lima hari kerja. Jadi lewat dari jam itu Anda sudah dianggap lembur.
Bagilah jam kerja Anda dengan efisien, misalnya kapan karus bekerja, istirahat, minum kopi, rapat, beribadah, dan lain-lain. Pastikan Anda selalu memprioritaskan diri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum menerima kerja lain atau menolong rekan kerja.

Menjadi pekerja yang produktif memang harus diawali dengan keinginan dan disertai usaha. Selamat mencoba!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 myblog-syahrullah.blogspot.com. Powered by Blogger.

Positive Thinking

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI Bissmilahirohmaanirrohiim Makkah—juga disebut Bakkah—tempat di mana umat Islam melaksanakan haji itu terbukti...

Followers

Total Pageviews

Labels

Translate

Search This Blog

Pages