The Best of people are those who BENEFIT people most

Thursday, April 28, 2016

TUJUH TANDA ANDA MEMPUNYAI KECERDASAN EMOSIONAL YANG TINGGI

TUJUH TANDA ANDA MEMPUNYAI KECERDASAN EMOSIONAL YANG TINGGI


Kecerdasan emosional (EQ) merupakan unsur penting yang mendorong seseorang menjadi lebih unggul.
Demikian kesimpulan Daniel Goleman, Ph.D., mengenai EQ. Dia adalah penulis dan peneliti terkenal tentang kepemimpinan yang menulis buku Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ.
Konsep kecerdasan emosional sudah ada sejak tahun 1990, ketika psikolog dari Universitas Yale, John D. Mayer, dan Peter Salovey mengenalkannya ke dunia akademis.

Kecerdasan emosional itu sendiri adalah dapat dirangkum menjadi tiga hal. Pertama kemampuan seseorang secara akurat mengidentifikasi emosi sendiri, serta orang lain. Kemampuan memanfaatkan emosi, dan menerapkannya kepada tugas, dan pemecahan masalah. Terakhir, kemampuan untuk mengelola emosi, termasuk mengendalikannya, serta kemampuan untuk menghibur, atau menenangkan diri orang lain.

Dengan kata lain, karyawan dengan tingkat EQ tinggi memiliki kesadaran diri memahami rekan kerja dalam bekerja sama. Dan orang yang memiliki EQ tinggi, mereka tidak terganggu oleh kritik klien; mereka tetap fokus pada hasil, bukan merasa tersinggung.

Berikut adalah tujuh karakteristik menonjol orang-orang yang cerdas emosi:

1. Tidak takut perubahan

Orang dengan EQ tinggi sangat memahami bahwa perubahan itu adalah bagian penting dari hidup. Segala bentuk perubahan yang terjadi di sekitar mereka, entah itu sistem, kepemimpinan, manajemen, bahkan tim baru, tidak akan membuat mereka senewen apalagi stres. Mereka akan dengan mudah beradaptasi. Bahkan dapat dikatakan orang-orang yang cerdas emosi, biasanya justru mereka itu agen perubahan.

2. Sadar diri

Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi seseorang, semakin tinggi tingkat kesadaran diri mereka. Mereka tahu kelebihan, dan kekurangan diri mereka. Hampir sama dengan orang-orang introvert, namun yang membedakan, kekurangan atau kelemahannnya tidak pernah melumpuhkan mereka. Mereka akan menemukan cara untuk berdamai dengan kelemahan yang dimilikinya, dengan menciptakan lingkungan yang optimal untuk gaya kerja mereka.

3. Memiliki empati besar

Ciri khas paling kental dari orang dengan tingkat kecerdasan emosi yang tinggi, adalah kemampuan mereka membina berhubungan dengan orang lain. Ia bisa membuat orang lain merasa penting di tempat kerja. Apa pun peran mereka. Membuat orang-orang di sekitar mereka merasa nyaman. Dengan kemampuan bawaan untuk memahami rekan kerja atau klien, mereka bisa melewati masa-masa sulit dengan mulus tanpa drama.

4. Mereka tidak perfeksionis

Meski sangat termotivasi dalam bekerja, orang dengan kecerdasan emosi tinggi mengetahui bahwa kesempurnaan itu mustahil. Mereka tidak akan membuang-buang waktu dengan mengejar kesempurnaan. Mereka tidak terpukul dengan kesalahan, melainkan terus semangat belajar dari kesalahan tersebut. 

5. Hidup mereka seimbang

Individu dengan EQ tinggi secara alami mengetahui pentingnya untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional-pribadi yang sehat. Individu-individu ini biasanya memiliki banyak kegiatan, dan banyak kepentingan di luar pekerjaan. Mereka bisa mengidentifikasikan dirinya, dan nilainya dengan baik di luar profesinya. Mereka tidak melulu bekerja, dan bicara tentang perkerjaan. 

6. Memiliki keingintahuan yang besar

Secara alami mereka mudah beradaptasi, dan menghadapi perubahan, bahkan tak jarang mereka lah agen perubahan. Individu cerdas secara emosi, selalu memandang dunia dengan penuh ketertarikan, dan keinginan untuk terus menggali pengetahuan. Dan untuk hubungannya dengan isu atau orang sekitar, mereka tidak menghakimi. Mereka justru mengeksplorasi kemungkinan, dan kerap mengajukan pertanyaan, dan selalu bersikap terbuka untuk sebuah solusi baru.

7. Mereka murah hati

Orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi tahu cara bersyukur, dan selalu optimis. Mereka merasa bahagia dengan kehidupan yang mereka jalani, dan tidak membiarkan kritik, atau orang-orang yang beracunmemengaruhinya.

Nah, apakah Anda salah satu dari mereka?
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2016 myblog-syahrullah.blogspot.com. Powered by Blogger.

Positive Thinking

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI

MAKKAH ADALAH PUSAT BUMI Bissmilahirohmaanirrohiim Makkah—juga disebut Bakkah—tempat di mana umat Islam melaksanakan haji itu terbukti...

Followers

Total Pageviews

Labels

Translate

Search This Blog

Pages